Linux
Posted By doko

install Arch linux dengan mudah


Di Postingan saya sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang apa saja kelebihan dan kekurangan distro Arch linux. Dan sesuai janji saya, kali ini saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara install Arch linux.
Berikut adalah persiapan yang bisa kalian lakukan sebelum mulai install ulang:

  1. File iso Arch linux, untuk file iso kalian bisa download secara gratis di halaman berikut :
    Download Arch
  2. Koneksi, Pastikan kalian mempunyai koneksi yang stabil. FYI untuk koneksi kalian tidak bisa menggunakan internet dengan menggunakan wifi, karena untuk installasi Arch hanya CLI Mode. Jadi koneksi yang saya rekomendasikan bisa menggunakan jaringan LAN atau bisa menggunakan Tether dari HP.
  3. Live USB, sebelum menginstall pastinya kalian harus membuat live usb arch linux terlebih dahulu.
  4. Script AUI, dengan script ini membuat kalian lebih mudah saat install arch, karena kalian tidak perlu repot menghafal command yang harus di jalankan saat proses install.

Dan berikut adalah tahap tahap install arch linux:

  1. Nyalakan laptop/PC dengan menggunakan live usb.
  2. Setelah masuk ke command line arch kalian bisa unduh terlebih dahulu script AUI.

    wget https://github.com/helmuthdu/aui/tarball/master -O – | tar xz

  3. Masuk ke directory yang baru saja di download

    cd helmuthdu-aui-*

  4. Kemudian eksekusi script fifo

    ./fifo

    dan akan muncul menu command line seperti berikut :

  5. Ikuti step yang tertera pada command line.
  6. Jika proses install sudah selesai kalian bisa reboot laptop kalian dan masuk ke arch linux yang telah kalian install.

Note : kalian jangan kaget kalau setelah reboot yang ada di layar kalian hanya berupa command line, karena pada dasarnya secara default arch linux belum di bundling bersama DE (Desktop Engine).

setelah masuk di CLI kalian bisa lanjut kan proses installasi, yang mana di step ini kalian bisa install DE favorit kalian.

  1. Untuk melanjutkan proses installasi kalian masuk ke folder helmuthdu-aui lagi dan eksekusi script lilo.
    ./lilo
    note : di script ini terdapat beberapa pilihan DE seperti ( Cinnamon, Enlightenment, FluxBox, GNOME, Deepin, i3, KDE, LXDE, OpenBox, XFCE ), namun setelah saya coba beberapa DE seperti Deepin DE ada beberapa bug yang tidak bisa saya perbaiki. dan akhirnya saya install ulang dan saat ini saya menggunakan Gnome DE.
  2. kemudian anda bisa selesaikan step step yang ada pada menu script

Sebelumnya saya mohon maaf jika tutorial diatas kurang jelas dan terlalu banyak di skip. mungkin tutorial ini akan cukup sulit untuk yang belum terbiasa install linux. jadi buat artikel diatas belum dapat di pahami kalian bisa lihat video berikut :


Doko - adalah orang biasa yang belajar dan bekerja sebagai System Administrator. belajar menjadi penulis blog dan mempunyai hobby bermain beberapa game pc dan mobile.

View Comments
There are currently no comments.