Home / Health / Cacar Air Dewasa, Tak Hanya Anak Kecil yang Bisa Kena Cacar

Cacar Air Dewasa, Tak Hanya Anak Kecil yang Bisa Kena Cacar

“Udah besar kok kena cacar air, itu kan penyakitnya anak kecil.” Eits, jangan salah, cacar air dewasa bisa menimpa orang dari berbagai usia.

Siapa bilang cacar air itu penyakit yang dimonopoli oleh anak kecil? Orang dewasa juga bisa terserang penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster ini. Cacar air dewasa lebih mungkin terjadi pada wanita hamil dan orang dewasa yang sistem kekebalan tubuhnya rendah.

Sama seperti halnya yang terjadi pada anak kecil,  bentol-bentol gatal dan melepuh juga akan tumbuh di seluruh tubuh orang dewasa yang menderita cacar air. Bintik-bintik melepuh ini bisa muncul di mana saja, bahkan di mulut, dan berkembang selama beberapa hari. Cacar air dewasa bisa membuat penderitanya kehilangan nafsu makan dan merasa kelelahan.

Nah, sehari atau beberapa hari sebelum bentol-bentol air tersebut muncul, biasanya si penderita cacar air dewasa akan mengalami demam dengan suhu tinggi, sakit kepala, dan  seluruh tubuh terasa pegal. Bentol-bentol air pada orang dewasa biasanya akan mengering dan menjadi keropeng (koreng) secara bertahap. Koreng ini akan menghilang perlahan-lahan dalam jangka waktu satu hingga tiga minggu. Disarankan untuk tidak menggaruk bintik-bintik cacar agar tidak meninggalkan bekas luka.

Cacar air pada orang dewasa biasanya terjadi selama lima sampai 10 hari. Faktanya, cacar air dewasa ini dapat menyebabkan masalah atau komplikasi yang lebih serius. Terutama pada mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah. Beberapa komplikasi yang dapat timbul dari cacar air dewasa adalah peradangan sendi, infeksi kulit, pneumonia (infeksi paru-paru), shingles (cacar untuk kedua kalinya), dan ensefalitis (pembengkakan di otak). Dalam beberapa kasus, cacar air bisa terinfeksi bakteri dan mengakibatkan kulit di sekitarnya menjadi merah dan sakit.

Cacar air dewasa sangat menular. Virus cacar air bisa berjalan-jalan di udara dan kemudian mengendap pada pakaian, selimut, dan lain sebagainya. Ketika seseorang sudah tertular virus ini, dibutuhkan waktu 11 hingga 20 hari hingga gejala cacar air timbul. Penderita cacar air dewasa bisa menyebarkan penyakit ini kepada orang lain dari sebelum bintik-bintik muncul bahkan hingga setelah bintik tersebut mengering. Penderita biasanya dapat kembali bekerja setelah bintik tersebut kering selama lima atau enam hari.

Jika Anda menderita cacar air dewasa, segera hubungi dokter jika mengalami masalah pernapasan, mudah mengantuk, merasa lemah, kejang-kejang, sakit atau nyeri kepala menjadi lebih parah bahkan setelah minum obat, merasa sangat tidak sehat atau sakit terasa memburuk, dan bintik-bintik cacar bertambah parah, atau dari bentol air timbul memar dan berdarah.

Walaupun sering dikira penyakit anak-anak, cacar juga bisa menyerang orang dewasa. So, jika tidak ingin terjangkit penyakit ini, disarankan untuk menjaga jarak dengan penderita cacar air dan selalu menerapkan gaya hidup sehat agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …