Home / Health / Buktikan Sendiri Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami di Sini

Buktikan Sendiri Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami di Sini

Kutil adalah gangguan pada kulit yang meski umumnya tidak membahayakan, bisa jadi memalukan. Walau dapat hilang dengan sendirinya berkat kinerja sistem kekebalan alami tubuh, tapi prosesnya memerlukan waktu yang tidak singkat. Oleh karenanya, ada saja orang yang mencari cara menghilangkan kutil secara alami.

Cara menghilangkan kutil secara alami yang terbaik adalah jika kutil dapat hilang tanpa meninggalkan bekas jaringan parut pada kulit. Penanganan ini juga perlu disesuaikan dengan jenis kutil, lokasi, dan gejala yang ditimbulkan.

Perlu diperhatikan bahwa cara perawatan di rumah berikut ini sebaiknya didahului dengan konsultasi kepada dokter jika Anda mengidap diabetes atau penyakit arteri periferal. Selain itu, pastikan tidak ada luka terbuka pada area yang akan diolesi bahan-bahan di bawah ini. Tidak kalah penting, disarankan mengenai penanganan kutil pada daerah sensitif, seperti pada mulut, kelamin, dan wajah tidak ditangani sendiri.

Berikut cara-cara yang dapat dicoba.

Perekat

Cobalah menempelkan perekat pada kutil selama enam hari. Kemudian lepaskan dan rendam kutil di air sambil secara lembut membuang jaringan mati menggunakan batu apung. Biarkan selama 12 jam dan ulangi proses tersebut hingga kutil menghilang.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi bahan makanan tertentu, seperti biji bunga matahari, roti dari biji-bijian utuh (misalnya roti gandum utuh), ubi, atau bawang putih.

Bawang putih

Bahan dalam bawang, bernama alicin, dipercaya dapat berperan sebagai komponen antivirus pada kutil. Pastikan kulit Anda tidak alergi terhadap bawang dengan mengoleskannya sedikit pada kulit terlebih dahulu. Jika tidak terjadi reaksi alergi, cuci bersih dan keringkan kutil dengan air hangat, sabun, dan handuk bersih. Oleskan irisan bawang pada kutil, kemudian plester kutil selama semalam. Ulangi sekali lagi keesokan malamnya.

Batu apung dan larutan garam

Rendam kutil selama setidaknya 10 menit di dalam larutan garam dan air hangat untuk melembapkan. kulit. Kemudian usap batu apung hingga kulit kutil mengelupas. Proses ini akan sedikit menimbulkan rasa tidak nyaman. Tekan kutil dengan kapas selama setidaknya 5-10 menit. Setelah itu cuci bersih area tersebut. Tutup area tersebut dengan plester. Ganti secara teratur.

Minyak kastor dan baking powder

Oleskan campuran minyak kastor dan baking powderr dengan kapas atau cotton bud pada kutil. Tutup dengan plester selama semalam. Kemudian ganti pada pagi harinya. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi pada kutil sehingga menjadikannya terkelupas. Cara ini lebih efektif dalam mengatasi kutil datar pada wajah dan punggung tangan.

Oles dengan vitamin C atau vitamin E

Hancurkan tablet vitamin C, kemudian campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta yang dapat dioleskan. Oleskan pasta ini pada kutil, kemudian tutup dengan plester. Lepaskan plester di malam hari untuk membiarkannya terpapar udara. Ulangi lagi esok harinya. Metode ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan tablet atau kapsul vitamin E.

Minyak pohon teh

Oleskan minyak pohon teh pada kutil, kemudian tutup dengan plester. Ganti plester dan oleskan minyak ini tiap hari selama setidaknya tiga pekan.

Aspirin, pasta gigi, atau betadine

Aspirin mengandung asam salisilat yang biasanya terdapat di dalam losion kulit juga. Untuk meredakan kutil, hancurkan beberapa tablet aspirin, tambahkan sedikit air, kemudian oleskan pada kutil. Tutup kutil dengan plester selama semalam. Proses ini juga bisa dilakukan menggunakan betadine ataupun pasta gigi.

Potongan lemon

Letakkan irisan kecil lemon pada kutil, kemudian tutup dengan plester. Ganti lemon dan plester antiair tiap hari hingga sekitar seminggu.

Daun kemangi

Daun kemangi mengandung bahan yang dapat membantu mematikan virus pada kutil. Tempatkan daun kemangi segar pada kutil, kemudian tutup dengan plester antiair. Jangan lupa untuk mengganti plester tiap hari.

Minyak zaitun dan wortel

Campur parutan wortel dengan minyak zaitun, kemudian oleskan pada kutil selama setidaknya 15 menit.

Jus nanas

Rendam kutil Anda di dalam jus nanas. Buah ini mengandung enzim yang dapat berperan meredakan kutil.

Cara-cara di atas tentu saja belum tentu sepenuhnya berhasil. Hampir semua cara menghilangkan kutil secara alami di atas tetap tidak membunuh virus penyebab. Kutil masih berpotensi menyebar ke anggota tubuh lain atau kembali muncul di area yang sama.

Sementara itu, untuk menghindari penularan ke orang lain, sebaiknya pengidap menunda aktivitas tertentu, seperti berenang di kolam renang umum. Selain itu, kenakan sandal saat berada di tempat umum yang berair, seperti di musholla/masjid. Selain itu, cuci tangan secara teratur dan hindari menyentuh kutil karena berisiko menyebar ke bagian tubuh lain. Perlu diperhatikan bahwa kutil juga berisiko menyebar melalui aktivitas seksual maupun luka yang terbuka.

Disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika perawatan di rumah ini tidak menunjukkan hasil efektif. Jika Anda berusia di atas 55 tahun, kondisi kutil perlu segera diperiksakan untuk mendeteksi kemungkinan kanker kulit.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *