Home / Health / Bijak Mengonsumsi Obat Alami Batu Ginjal

Bijak Mengonsumsi Obat Alami Batu Ginjal

Sebenarnya tidak ada obat alami batu ginjal yang terbukti dapat menghilangkan batu ginjal. Bilamana ukuran batu ginjal Anda masih kecil dan belum memerlukan tindakan medis, Anda dianjurkan memperbanyak konsumsi cairan. Beberapa bahan alami juga dapat Anda coba untuk membantu mengurangi ukuran batu ginjal.

Batu ginjal bisa terdapat di mana saja di saluran kemih, termasuk kandung kemih, ureter, uretra, dan ginjal itu sendiri. Batu ginjal ini terbuat dari kristal sehingga teksturnya padat, dikenal sebagai kondisi penyakit yang paling menyakitkan.

obat alami batu ginjal - alodokterobat alami batu ginjal - alodokter

Kebanyakan batu ginjal yang kecil tidak akan memerlukan pengobatan invasif. Anda mungkin dapat membuang batu tersebut dengan minum air putih sekitar 2-3 liter per hari untuk membantu membersihkan kandung kemih dan mengikis batu ginjal. Urine pun akan terlihat lebih bening.

Selain mencukupi anjuran konsumsi cairan, berbagai pilihan obat alami batu ginjal juga dapat Anda coba, yaitu:

Teh hitam

Teh ini bersifat diuretik, oleh karenanya dapat meningkatkan aliran urine.

Cuka sari apel

Tidak ada salahnya Anda mengonsumi makanan ini sebab kabarnya dapat melarutkan batu ginjal. Resep yang dianjurkan adalah mengonsumi cuka sari apel tiap hari, sebanyak satu sendok makan. Anda juga dapat mencampurnya dengan air sesuai selera.

Akar dandelion

Dianggap sebagai tonik ginjal yang efektif. Anda bisa memanfaatkannya dengan bijak.

Batang pisang

Dapat diolah menjadi jus. Minuman ini digunakan masyarakat India sebagai obat alami batu ginjal.

Daun jelatang

Selain yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat mencoba menggunakan daun jelatang sebagai obat batu ginjal. Sama seperti teh hitam, tanaman ini juga bersifat diuretik. Bahkan, efek daun jelatang dianggap seolah-olah membasuh ginjal sehingga menghalau kemunculan batu ginjal.

Minuman yang mengandung lemon

Sifat asam yang ada pada jeruk dapat membantu melenyapkan batu ginjal. Anda bisa minum air jeruk tiap hari. Misalnya jus lemon, air putih yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis, atau air putih yang ditambahkan beberapa iris lemon menyerupai infused water. Penelitian juga menunjukkan bahwa lemon dapat memperlambat perkembangan batu ginjal sehingga para ahli medis kerap menerapkan terapi lemon bagi para penderita batu ginjal.

Dalam menangani batu ginjal, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman sesuai dengan jenis batu ginjal yang dialami. Jenis batu ginjal berbeda-beda, tergantung dari penyebab terjadinya dan bahan pembentuknya. Beberapa jenis batu ginjal yang ada, antara lain:

Kalsium

Batu ginjal ini terbentuk dari kalsium oksalat. Kadang-kadang ada yang terbentuk dari kalsium maleat dan kalsium fosfat. Hati-hati jika memilih obat alami batu ginjal jenis ini sebab jika mengonsumsi asupan yang mengandung oksalat tinggi akan membuat batu ginjal mudah berkembang. Makanan kaya oksalat, antara lain cokelat, keripik kentang, bayam, dan bit.

Asam urat

Orang yang menderita penyakit gout atau pirai dan yang menjalani kemoterapi dapat terkena batu ginjal jenis asam urat. Jenis ini lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita. Batu ginjal asam urat terbentuk karena urine terlalu asam. Oleh karena itu, hindari mengomsumsi obat alami batu ginjal yang membuat tingkat keasaman bertambah.

Zat yang juga harus dihindari adalah purin, yaitu zat pewarna yang ada pada protein hewani. Zat ini ada pada kerang, daging, dan ikan.

Struvit

Batu ginjal struvit kebanyakan dialami oleh wanita yang mengalami infeksi saluran kemih. Batu yang bisa membesar dan menyebabkan obstruksi kemih ini muncul karena infeksi ginjal. Struvit dapat dicegah perkembangannya, yaitu dengan cara menyembuhkan dahulu infeksi yang ada.

Sistin

Sistin adalah salah satu jenis asam amino di dalam tubuh. Jenis batu ginjal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang mengalami penyakit genetik sistinuria, dimana sistin yang seharusnya hanya berada di ginjal justru tercampur ke urine. Jenis batu ginjal ini bisa dialami oleh pria maupun wanita, namun jarang terjadi.

Begitu bervariasinya jenis batu ginjal, maka Anda harus benar-benar memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda mengenai hal ini. Selain itu, perlu diingat bahwa batu ginjal dengan ukuran besar dan yang menimbulkan gejala biasanya memerlukan tindakan medis lebih lanjut.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *