Home / Health / Banyak Manfaat, Yuk Mulai Bacakan Buku Cerita untuk Si Kecil

Banyak Manfaat, Yuk Mulai Bacakan Buku Cerita untuk Si Kecil

Membacakan cerita kepada si Kecil tidak perlu menunggu saat ia mengerti bahasa kita lho. Tapi bisa dimulai sejak dini, sejak si Kecil masih bayi atau bahkan di dalam kandungan.

Tahukah Anda? Ternyata anak Anda dapat mengenali suara ibunya bahkan meski ia masih di dalam kandungan. Wow! Bahkan ibu yang membacakan cerita sedini mungkin, sejak dalam kandungan, juga akan membiasakan Si Kecil dengan buku-buku sebagai bagian dari hari-hari pertumbuhannya.

banyak manfaat, yuk mulai bacakan buku cerita untuk si kecil - alodokter

Jadi, tidak perlu berpikir panjang untuk membacakan cerita untuk anak Anda. Meski ia belum bisa mengerti, setidaknya sesi membacakan cerita bisa meningkatkan ikatan emosi antara Anda dan si Buah Hati. Dan di samping itu, membacakan cerita kepada si Buah Hati sejak ia baru lahir juga bisa membantu perkembangan otaknya lho.

Membacakan Cerita: Momen menyenangkan yang bermanfaat

Nah, di bawah ini adalah beragam manfaat dari membacakan cerita untuk si Kecil yang perlu Anda tahu. Agar lebih semangat untuk membacakan buku cerita si Kecil, yuk, intip.

  • Meningkatkan kemampuan mendengar

    Meski belum bisa mengerti bahasa Anda, tapi ia dapat mendengarkan suara Anda. Nah, dengan mendengarkan suara Anda, itu akan menstimulasi rasa tertariknya pada suara-suara di sekitarnya. Dengan begini Anda sudah membantunya dalam meningkatkan kemampuannya mendengarkan.
  • Mencintai buku sejak dini

    Membacakannya buku sejak usia dini dapat menciptakan satu ikatan, tidak hanya pada Anda namun juga pada buku. Anak akan lebih familiar dengan buku, sehingga ia akan mengaitkannya sebagai hal yang menyenangkan. Nah, Anda tentu sering dengar bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan dia mencintai buku, suka membaca buku, tentu kelak itu akan membantunya dalam memperluas pengetahuannya.
  • Membantunya menabung banyak kosakata

    Membacakan buku kepada anak tidak hanya bisa merangsang kemampuannya berimajinasi, tapi juga dapat membantunya dalam mengumpulkan beragam kosakata. Jadi, ragam kosakata ini yang nantinya akan berguna pada saat berkomunikasi. Sehingga, kemampunannya berkomunikasi dapat meningkat.
  • Mengenalkan beragam hal di sekitarnya

    Pada usia dini, buku yang disarankan menjadi pilihan Anda adalah buku yang memiliki ragam warna cerah dan bentuk yang menarik. Kenapa begitu? Karena dengan begitu, secara tidak langsung Anda akan mengenalkan ragam konsep cerita, huruf, warna, bentuk, dan angka. Akhirnya, dengan Anda mengenalkan ragam hal di sekitarnya, ini pun dapat meningkatkan kemampuan ingatannya.

Dengan beragam manfaat di atas dan dengan banyaknya kata yang ia dengar, tentu ini akan membantunya berbicara lebih baik.

Lalu, Bagaimana Caranya Membacakan Cerita Kepada Anak?

Mudah, mudah, dan mudah. Tidak perlu takut salah dalam membacakan cerita pada anak Anda. Jika anak Anda masih bayi atau bahkan masih di dalam kandungan, cukup lakukan beberapa hal di bawah ini.

Di usia awal kelahiran anak Anda, ia akan lebih mendengar nada atau intonasi perkataan Anda. Tentunya, karena ia belum benar-benar mengerti apa yang Anda katakan. Nah, agar momen membacakan cerita menjadi lebih menarik, cobalah untuk membuatnya lebih menyenangkan.

Caranya mudah sekali, tirukan gaya bahasa ragam karakter yang ada di dalam buku cerita dengan suara yang berbeda. Dan tentunya dengan nada suara yang berbeda-beda, Anda juga bisa selingi dengan bercanda. Menceritakan ulang atau mengulang kata-kata juga sebenarnya baik untuk bayi Anda. Dengan begini, kemampuannya berbahasa akan lebih meningkat.

Buku Seperti Apa yang Sebaiknya Dipilih?

Jika bayi Anda masih berusia sekitar 11 bulan, cobalah untuk memilih buku dengan beragam gambar hewan atau wajah yang dapat menarik perhatian anak Anda. Hal ini dilakukan agar momen membaca lebih menarik.

Selain itu, pilihlah buku yang memiliki ragam warna yang cerah, kontras, dan tentunya didukung dengan gambar yang menarik namun sederhana. Memberikan si Kecil buku dengan berbahan plastik, kain, atau dengan bahan yang agak keras (namun pastikan sisi-sisinya tidak akan melukai anak Anda) juga bisa menjadi pilihan yang baik. Tidak perlu terlalu khawatir jika anak Anda memasukan atau menggigit buku tersebut. Itu tandanya si Kecil mulai tertarik dengan buku. Pertanda bagus!

Bagaimana, Bunda? Kini sudah tahu bukan apa manfaatnya membacakan buku untuk si Kecil? Yuk, jangan sia-siakan waktu Anda dengan si Kecil, dan mulai bacakan buku cerita untuknya. Bisa di saat sebelum tidur siang, sebelum tidur malam, atau di saat senggang. Ikatan emosi antara Anda dan si Kecil terus kuat, dan perkembangan otak si Kecil pun berjalan dengan baik

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …