Home / Tech / Astronom: Gerhana Matahari Potensi Terjadi di Belahan Bumi Lain

Astronom: Gerhana Matahari Potensi Terjadi di Belahan Bumi Lain

BELITUNG – Gerhana Matahari Total baru saja berlangsung di perairan Belitung. Gerhana Matahari terpantau dari sekira pukul 06.50 WIB dan totalnya terjadi pada sekira pukul 07.20 WIB. GMT berlangsung sekira 2 menit.

Lantas kapan fenomen serupa bisa terjadi? Peneliti astoronomi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB, Prof DR Suhardja D. Wiramiharjda, M.Sc mengatakan, mungkin saja fenomena serupa terjadi, tapi di belahan bumi lain.

Dia menambahkan, gerhana Matahari sebenarnya bisa terjadi berkali-kali dalam setahun karena berdasarkan ilmu pengetahuan, gerhana Matahari terjadi tiap bulan baru.

“Tapi persoalannya, orbit bulan lima derajat, jadi ketika bulan baru belum tentu berada di satu garis, bisa saja naik sedikit,” kata Prof Suharja di lokasi memantau GMT di perairan Belitung, Rabu (9/3/2016).

Ekspedisi GMT yang diselenggarakan Kemenko Maritim ini diikuti oleh seribuan orang yang didominasi pelajar tingkat SMA. Saat proses memantau GMT, para peserta yang mengenakan kacamata khusus tampak antusias.

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *