Home / Sports / Asapi Dovi dan Rossi, Vinales Juara MotoGP Qatar 2017

Asapi Dovi dan Rossi, Vinales Juara MotoGP Qatar 2017

MotoGP Qatar 2017

LOSAIL – Setelah terpaksa ditunda selama sekitar 45 menit akibat gangguan hujan gerimis. Lomba seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, dimulai pada Senin (27/3/2017) dini hari WIB dengan durasi putaran dipangkas dari 22 menjadi 20 lap.

Namun drama cuaca malam hari di Losail, tak membuat para pembalap jadi ‘dingin’ di lintasan. Justru persaingan berebut kemenangan di seri pembuka MotoGP 2017 langsung terasa sejak lepas start, di mana Johann Zarco melejit ke depan usai melahap beberapa tikungan.

Tapi kepemimpinan pembalap debutan dari tim Yamaha Tech 3 itu rada prematur karena belum sampai setengah lomba sudah terjatuh dan out dari lomba. Tiga pembalap di belakang Zarco, yakni Andrea Dovizioso, Marc Marquez, Andrea Iannone, kini silih berganti mengakuisi posisi terdepan.

Setelah Iannone terjatuh dan Marquez perlahan race pace-nya menurun. Maverick Vinales dan rekan setimnya di Yamaha Factory Racing, Valentino Rossi, merangsek ke depan. Di sepertiga akhir lomba, terjadi duel satu lawan satu antara Vinales dengan Dovi yang akhirnya di menangkan Vinales, yang sekaligus membuktikan dominasinya selama tes pramusim patut diperhitungkan. The Doctor harus puas dengan finis podium ketiga.

Tiga pembalap posisi finis terdepan di MotoGP Qatar 2017. (Foto-MotoGP)

Jalannya balapan MotoGP Qatar 2017

Start: Pembalap debutan tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco, hanya butuh beberapa belokan buat melejit ke urutan terdepan. Dia diikuti oleh Marc Marquez (Honda) dan Andrea Iannone (Suzuki).

Sisa 19 lap: Iannone masih menampilkan karakter agresifnya dan terlibat duel seru dengan Marquez. Andrea Dovizioso (Ducati) dan Maverick Vinales (Yamaha) membayangi dari posisi keempat dan kelima.

Sisa 18 lap: Valentino Rossi (Yamaha) di urutan ketujuh usai dilewati Dani Pedrosa (Honda). Jorge Lorenzo (Ducati) tercecer di posisi 16.

Sisa 17 lap: ‘Desmodovi’ mengeluarkan kekuatan Ducati GP17 di trek lurus Losail buat mengakusisi posisi kedua dari The Maniac (julukan Iannone).

Sisa 16 lap: Cal Cruthlow (Honda LCR) terjatuh di tikungan 16. Marquez melewati Dovi untuk kembali ke posisi kedua. Rossi keenam, Pedrosa ke-8, Lorenzo ke-15.

Sisa 15 lap: Zarco mulai menjauh, sekitar 1,6 detik dari tiga pembalap yang saling bentrok di urutan 2-4 (Dovi, Marquez, Iannone). Crutchlow terjatuh untuk kedua kalinya, kali ini di tikungan 12 yang memaksanya out dari lomba.

Sisa 14 lap: Mulai menjauh hingga 1,7 detik, Zarco malah mencium aspal di tikungan kedua dan mesti mengakhiri lomba. Kini Dovi memimpin di atas Marquez dan Iannone. Dua rider Yamaha Factory Racing (Vinales dan Rossi) membuntuti dari urutan 4 dan 5, Lorenzo naik ke-12.

Sisa 13 lap: Vinales menjauh dari Rossi guna mendekat ke tiga pembalap terdepan.

Sisa 12 lap: Iannone membuat gerakan menyalip Marquez di trek lurus buat kembali ke posisi dua. Tapi hanya berselang beberapa tikungan, Si Bayi Alien mengakuisisi lagi posisinya. Lorenzo naik ke-10.

Sisa 11 lap: Vinales sudah ada dibuntut Iannone dan mulai mencari celah. Persaingan berebut posisi 2-4 jadi salah satu keuntungan Dovi di depan.

Sisa 10 lap: Lagi-lagi kebiasaan buruk The Maniac belum sembuh. Dia terjatuh di tikungan 5 dan menyelesaikan lomba dengan nol poin.

Sisa 9 lap: Vinales dapat angin melewati Marquez di tikungan lurus. Rossi kini mengintip dibuntut juara bertahan. Pedrosa keempat, Redding kelima, Lorenzo ke-9. Di tikungan terakhir, The Doctor mengasapi Marquez. Honda RC213V Marc sepertinya mulai menurun, apakah sebabnya dari degradasi kompon ban?

Sisa 8 lap: Vinales dengan percaya diri mulai mengejar Dovi yang unggul 0,8 detik dan terus dipangkas hingga di bawah setengah detik.

Sisa 7 lap: Yamaha YZR-M1 geberan Vinales lebih cepat dari Dovi pada dua lap belakangan, dan akhirnya melewati Ducati GP17 buat memimpin lomba.

Sisa 6 lap: Power GP17 mengasapi M1 di trek lurus panjang Losail dan mengembalikan Dovi ke depan. Selang beberapa tikungan, kelincahan M1 tak bisa ditandingi GP17 guna mendorong Vinales memimpin.

Sisa 5 lap: Kali ini Vinales melebar pasca melibas trek lurus, membuat Dovi ke depan lagi. Ada apa dengan Lorenzo? Dia perlahan terus merosot hingga ke-12. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) out dari lomba. Walau kamera belakang motornya copot dan menggantung, Rossi mulai agresif mencari celah kelemahan Dovi.

Sisa 4 lap: Aleix Espargaro (Aprilia) mengejutkan dan kini ada di lima besar usai melewati Pedrosa.

Sisa 3 lap: Lagi-lagi power GP17 di trek lurus panjang Losail mendorong Dovi memimpin. Vinales tampak makin bernafsu.

Sisa 2 lap: Vinales lagi-lagi melewati Dovi di sebuah tikungan. Lorenzo naik ke-11. Pedrosa lewati Aleix untuk kembali ke-5.

Lap terakhir: Vinales mengambil sisi kanan trek lurus dan terlihat memacu M1 hingga batas maksimalnya dan memenangkan seri pembuka MotoGP 2017.

(sbn)

Check Also

Lorenzo Belum Sebanding dengan Dovizioso

DOHA – Jorge Lorenzo meraih hasil buruk pada debut kompetitifnya dengan tim Ducati. Pembalap kebangsaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *