Home / Health / Apakah Proses Persalinan Bisa Menyebabkan Penurunan Penglihatan?
persalinan

Apakah Proses Persalinan Bisa Menyebabkan Penurunan Penglihatan?

Relaxsejenak.com – Sebagian ibu yang baru saja menjalani proses persalinan mengaku mengalami penurunan ketajaman penglihatan. Hal ini tentu membuat cukup banyak wanita yang menganggap jika proses persalinan memang bisa menyebabkan efek buruk bagi kesehatan mata. Apakah hal ini memang benar adanya?

 persalinan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kondisi kehamilan memang bisa berpengaruh besar bagi kesehatan ibu. Salah satunya adalah dengan menyebabkan penurunan ketajaman pada penglihatan ibu hamil. Hanya saja, ada sebagian ibu hamil yang mendapati penglihatannya kembali normal setelah melahirkan. Saat hamil, kekuatan retina ibu hamil memang cenderung mengalami penurunan. Tak hanya itu, penurunan kekuatan retina ini juga bisa disebabkan oleh proses mengejan saat melahirkan secara normal.

Saat kehamilan mencapai trimester ketiga, cukup banyak ibu yang mengeluhkan pandangan yang lebih buram. Tak hanya itu, ada kasus yang cukup jarang ditemui dimana karena proses persalinan, ibu bisa mengalami ablasio retina atau putusnya retina mata, hingga robeknya retina mata. Namun, seringkali hal ini terjadi pada ibu yang sudah mengalami gangguan mata minus hingga angka 4-7 dan memaksakan diri melakukan persalinan normal tanpa persiapan yang baik.

Selain karena hal tersebut, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada penyebab lain penurunan penglihatan pada ibu setelah melahirkan layaknya karena preeclampsia yang memang bisa menyebabkan gangguan berupa pandangan yang kabur atau masalah sensitivitas cahaya, diabetes gestasional yang membuat kadar glukosa darah meningkat dengan drastis selama fase kehamilan, atau hipofisis adenoma, kondisi kesehatan yang sangat jarang terjadi dimana pada kelenjar hipofisis ibu mengalami pertumbuhan tumor yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan.

Mengingat proses persalinan memang bisa menyebabkan penurunan penglihatan pada ibu, ada baiknya ibu selalu berkonsultasi pada dokter saat hamil atau sebelum melahirkan agar bisa mendapatkan proses persalinan yang aman dan tidak akan memicu gangguan penglihatan setelahnya.

Check Also

Benarkah Nyamuk Suka Menggigit Karena Darah Kita Terasa Manis?

Relaxsejenak.com – Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat tanah air dimana jika kita cenderung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *