Home / Health / Apakah Balita Boleh Minum Teh?

Apakah Balita Boleh Minum Teh?

Relaxsejenak.com – Banyak orang tua yang memilih untuk memberikan teh pada anaknya yang masih balita. Dengan memberikan teh, anak tidak akan terlalu sering meminta susu karena memang teh juga bisa memberikan rasa yang manis dan enak untuk dinikmati. Sebagaimana kita ketahui, teh termasuk dalam minuman yang sehat jika dikonsumsi bagi orang dewasa. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah teh cukup aman dikonsumsi oleh para balita?

Apakah Balita Boleh Minum Teh

Pakar kesehatan gizi Dhvani Shah menyebutkan bahwa teh memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi saluran pencernaan, membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik, hingga menurunkan resiko terkena beberapa jenis penyakit. Hanya saja, tubuh orang dewasa dan tubuh balita ternyata merespons minuman yang nikmat ini dengan cara yang berbeda. Bagi tubuh balita, konsumsi teh ternyata bisa memicu gangguan proses penyerapan kalsium pada tubuh. Alhasil, anak yang sering mengkonsumsi teh ternyata beresiko mengalami malcalcification dan juga defisiensi kalsium. Jika hal ini terus terjadi, dikhawatirkan fungsi otak, fungsi otot, sistem saraf, hingga pertumbuhan struktur anak akan mengalami gangguan.

Menurut Dhavni, balita yang terbiasa mengkonsumsi teh akan beresiko mengalami penurunan kepadatan tulang, pelemahan kekuatan otot, susah untuk berkonsentrasi, mudah rewel, mengalami gangguan perilaku, dan mudah mengalami rasa sakit pada anggota badan bagian bawah.

Selain meminum teh secara langsung, ada baiknya kita juga tidak mencampurkan susu atau biskuit pada minuman teh yang diperuntukkan bagi balita. Hal ini ternyata bisa membuat protein casein pada susu tercampur dengan protein katekin pada teh yang bisa menyebabkan balita kecanduan minuman tersebut. Padahal, konsumsi teh yang berlebihan bisa memberikan dampak kesehatan yang kurang baik bagi balita seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

 

Baca Juga:Waktu yang Paling Tepat Bagi Ibu Hamil Melakukan USG

 

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak memberikan teh bagi balita demi menjaga kesehatan tubuhnya.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *