Home / Tech / Angela Ahrendts, Fashionista yang Jadi Petinggi Apple

Angela Ahrendts, Fashionista yang Jadi Petinggi Apple

JAKARTA – Angela Ahrendts adalah salah satu perempuan berpengaruh baik di dunia fashion maupun teknologi. Sebelum menjabat sebagai wakil presiden Apple. Inc, dia merupakan CEO Burberry Group PLC dan perusahaan fashion terkemuka lainnya.

Ahrendts lahir di New Palestine, Indiana, Amerika Serikat, pada 12 Juni 1960. Gadis yang besar di kota kecil itu awalnya ingin mengejar karier di dunia desainer sehingga dia belajar di Indiana’s Ball State University.

Tak lama, Ahrendts menyadari bahwa dia lebih tertarik pada industri sampingannya yaitu pemasaran dan merchandising. Setelah lulus, ia pindah ke New York dan menyelesaikan pekerjaannya di Donna Karan, di mana ia bertemu Christopher Bailey yang kemudian menjadi pemimpin kreatif Burberry.

Setelah mengasah keterampilannya dalam merchandising dan perizinan merek mewah, Ahrendts meneruskan bakatnya untuk perusahaan aksesoris Henri Bendel (1996-1998) dan kemudian ke Liz Claiborne, Inc, kemudian Fifth & Pacific Company, Inc, serta Kate Spade & Co di mana pada 2002 dia diangkat sebagai wakil presiden eksekutif.

Ketika Ahrendts menjadi CEO di Burberry pada 2006, perusahaan pakaian berumur 150 tahun itu berusaha untuk berkembang menjadi label internasional modern dengan berbagai macam lini pakaian. Ahrendts mengadopsi teknologi digital di Burberry, meningkatkan pengalaman pelanggan di situs web perusahaan dan meningkatkan profil perusahaan dengan video runway show dan penggunaan yang lebih besar dari situs media sosial.

Dia juga membuka gerai ritel baru di pasar yang belum digarap, namun berpotensi menguntungkan seperti di China, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Dia juga memperkenalkan penggunaan tablet iPad Apple di toko Burberry untuk memungkinkan staf memberikan layanan pada pelanggan ritel high-end secara lebih efisien, yaitu melalui layanan pribadi. Ahrendts menaikkan tiga kali lipat pendapatan perusahaan serta membuat perusahaan menjadi merek mewah global.

Pada 2013, Ahrendts diumumkan akan bergabung dengan Apple sebagai wakil presiden senior dari toko ritel dan online. Meskipun berita tersebut mengejutkan sebagian besar pengamat di teknologi dan industri fashion, kemampuannya yang terbukti dalam meningkatkan “perjalanan pelanggan” di high-end fashion retail diharapkan mampu mengakomodir posisi barunya.

Ahrendts resmi mengambil posisinya di Apple. Inc pada 2014. Demikian dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Selasa (8/3/2016).

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *