Home / Health / Alasan Mengonsumsi Roti Gandum dan Tips Memilihnya

Alasan Mengonsumsi Roti Gandum dan Tips Memilihnya

Kini, selain roti tawar putih yang paling sering ditemukan, mulai bermunculan roti gandum dengan warna kecokelatan. Roti jenis ini semakin banyak dipilih karena diklaim lebih sehat dan mengandung serat lebih banyak.

Untuk pilihan terbaik, yaitu roti gandum utuh (whole wheat bread) yang dibuat dari tepung biji gandum utuh dengan tekstur yang agak kasar. Pada sebagian negara, roti gandum dilengkapi dengan biji-bijian di atasnya untuk tampilan yang lebih menarik, sekaligus menunjang kandungan nutrisi.

alasan mengonsumsi roti gandum dan tips memilihnya - alodokteralasan mengonsumsi roti gandum dan tips memilihnya - alodokter

Kaya Serat dan Nutrisi

Biji gandum utuh memiliki tiga lapisan secara lengkap yaitu dedak, edosperma, dan benih. Roti tawar putih yang paling banyak ditemukan di Indonesia, membuang bagian dedak dan benih, sehingga nutrisi penting yang terkandung di dalamnya pun ikut hilang. Roti tawar putih terbuat dari tepung gandum putih, yaitu biji gandum yang hanya diambil bagian endosperma-nya dan diberi pemutih.

Roti gandum yang dibuat dari biji gandum utuh merupakan sumber karbohidrat yang cocok untuk sarapan, juga mengandung lebih banyak serat dibanding roti tawar putih pada umumnya. Roti jenis ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti protein, vitamin B, antioksidan, zat besi, magnesium, dan mineral lainnya.

Selain itu, roti gandum utuh juga sangat baik untuk kesehatan karena rendah lemak dan bebas kolesterol. Roti gandum juga dilengkapi dengan senyawa fitokemikal yang

Konsumsi tersebut mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menjaga keteraturan gerakan usus dan merangsang pertumbuhan bakteri di dalam usus, sehingga buang air besar lebih lancar. Selain itu, konsumsi gandum teratur juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung.

Meski demikian, waspadai asupan sodium yang berasal dari ragi saat proses pembuatan roti gandum. Tiap helai roti tawar dari gandum utuh, mengandung sekitar 200 mg sodium. Sementara itu, asupan sodium harian yang disarankan yaitu sekitar 600 mg, dengan batas asupan sodium pada angka 1.800 mg setiap harinya.

Menghindari Kesalahan Memilih Roti Gandum

Jangan sampai salah memilih roti gandum agar memperoleh manfaat secara optimal. Berikut beberapa tips mengenali produk roti gandum utuh:

  • Jangan tertipu oleh tampilan roti yang berwarna kecoklatan dengan label terbuat dari gandum utuh saja. Teliti lebih lanjut bahan-bahannya. Jika bahan pertama tertulis menggunakan “tepung gandum” atau “diperkaya tepung gandum putih”, maka itu berarti bukan menggunakan gandum utuh. Ada pula roti yang dibuat dari tepung gandum putih kemudian ditambahkan pewarna karamel. Hati-hati dan teliti saat memilih.
  • Jangan terbuai oleh merek “tujuh jenis gandum” atau label “100% alami” atau yang berkesan sehat lainnya. Banyak produk roti gandum yang mengecoh seakan-akan terbuat dari gandum utuh, padahal terbuat hanya dari tepung gandum biasa, air, dan tepung gandum hitam.
  • Cermati jika produk roti gandum tertulis “rendah kalori” atau “khusus untuk diet”. Produk ini kemungkinan memiliki ukuran yang lebih kecil. Perhatikan lagi dalam label kemasan.

Tetap pastikan konsumsi roti gandum utuh tidak berlebihan, untuk menghindari asupan sodium berlebih. Kemudian, untuk mengimbangi nutrisi roti gandum, dianjurkan untuk disajikan bersama sebutir telur dan sayuran, dibandingkan mentega atau selai manis yang banyak mengandung kalori dan lemak.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *