Home / Health / 7 Pantangan Saat Haid untuk Mengusir Ketidaknyamanan

7 Pantangan Saat Haid untuk Mengusir Ketidaknyamanan

Semasahaid, terjadi perubahan dalam tubuh wanita yang menyebabkan perubahan pada emosi dan aktivitas tertentu. Ada beberapa pantangan saat haid yang sebaiknya tidak dilanggar agar masa-masa menstruasi dapat tetap nyaman.

Pada umumnya, masalah seputar menstruasi masih enggan untuk dibahas secara terbuka. Maka dari itu, sering kali muncul ide-ide yang tidak relevan mengenai siklus kewanitaan ini. Sebagai akibatnya, wanita yang sedang haid dapat menjadi tidak nyaman dengan lingkungan di sekitarnya, bahkan dengan dirinya sendiri.

pantangan saat haid

Lalu apa yang harus dilakukan? Beberapa pantangan saat haid ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk menjauhkan ketidaknyamanan selama masa menstruasi.

Membiarkan diri dikuasai emosi negatif

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa perubahan hormon dan ketidaknyamanan saat menstruasi akhirnya berdampak kepada suasana hati Anda. Tetapi jangan biarkan emosi negatif ini menguasai diri. Jika memungkinkan, beri jeda dan tarik diri dari situasi atau pembicaraan yang membuat Anda tertekan. Lakukan hal yang membuat Anda merasa nyaman, seperti mendengarkan musik atau membaca. Anda juga bisa meluangkan waktu beristirahat lebih banyak.

Berhenti berolahraga

Sebagian wanita mungkin merasa lebih tidak bertenaga saat akan melakukan olahraga di masa menstruasi. Padahal perubahan hormon sebenarnya hanya berdampak kepada perasaan Anda, tapi tidak berpengaruh kepada ketahanan dan kekuatan tubuh. Jika dilakukan secara teratur, kegiatan olahraga seperti bersepeda, berlari, ataupun sekadar berjalan, justru mungkin membantu mengurangi nyeri datang bulan.

Hormon endorfin pemicu kebahagiaan yang dilepaskan saat berolahraga juga dapat membuat Anda merasa lebih gembira setelah beraktivitas. Selain itu, berolahraga membantu Anda untuk dapat tidur lebih nyenyak. Sebagai cara lain, Anda bisa mengganti jenis olahraga menjadi yang lebih ringan selama masa haid untuk kemudian melanjutkan olahraga dengan tempo lebih cepat dan intens di luar masa itu. Tetapi jangan paksakan diri jika merasa nyeri haid yang hebat atau mengalami volume haid yang lebih banyak.

Mengonsumsi minuman beralkohol

Di sekitar masa ovulasi, tingkat progesteron tubuh meningkat, sehingga dapat meningkatkan efek alkohol. Kondisi ini menyebabkan konsumsi minuman beralkohol di malam hari pada masa-masa menstruasi berisiko membuat tidur Anda menjadi sering terbangun.

Berhubungan seksual

Pasangan yang berhubungan seksual semasa menstruasi lebih berisiko mengalami penyakit menular seksual, seperti HIV. Selain itu, meski kemungkinannya sangat kecil, tapi wanita yang berhubungan seksual di masa haid masih berpeluang mengalami kehamilan karena sperma masih dapat hidup dalam tubuh wanita selama tujuh hari.

Makan sembarangan

Perubahan hormon yang juga memicu perubahan emosi membuat wanita cenderung mengonsumsi makanan dalam volume banyak. Sebenarnya tidak masalah, asalkan kalori dan nutrisinya diperhatikan. Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama masa haid, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat kaya serat seperti sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh (seperti gandum utuh). Mengunyah permen karet mungkin juga dapat membentuk mencegah makan berlebihan. Jagung berondong dengan karamel, ubi, dan buah-buahan atau smoothie yoghurt dapat menjadi pilihan bila Anda ingin camilan manis. Sedangkan kacang-kacangan dapat menjadi alternatif bila Anda menginginkan camilan asin.

Malas mengganti pembalut

Ganti pembalut tiap 3-6 jam sekali, tergantung volume darah haid dan kegiatan hari itu. Selain mencegah kebocoran, penggantian pembalut mencegah pembentukan sarang bakteri dan mencegah bau tidak sedap. Penggantian mungkin akan terjadi lebih sering jika Anda berolahraga.

Mengenakan bawahan berwarna cerah

Daripada malu, lebih baik untuk mengantisipasi kondisi terburuk kalau-kalau terjadi kebocoran saat menstruasi. Kenakan pakaian dalam yang nyaman dan menyerap keringat untuk menampung pembalut. Utamakan yang berwarna gelap, seperti hitam, biru tua, cokelat tua, atau merah. Selain itu sebaiknya selama masa menstruasi hindari mengenakan bawahan (celana/rok) berwarna putih atau cerah.

Setelah mengetahui pantangan saat haid di atas, ketidaknyamanan menjadi lebih mudah diantisipasi, sehingga masa menstruasi menjadi lebih nyaman dan bukan halangan lagi untuk beraktivitas.

Check Also

mengatasi batuk parah

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu

Mengatasi Batuk Parah menggunakan Kurma Dan Susu – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *