Home / Health / 6 Tanda Kamu Sudah Siap Memiliki Momongan secara Emosional

6 Tanda Kamu Sudah Siap Memiliki Momongan secara Emosional

Bagi pasangan yang sudah menikah, memiliki anak mungkin menjadi suatu hal yang sangat dinanti. Namun, apakah kamu sudah siap secara emosional untuk menjadi orang tua yang baik untuk buah hatimu?

Berikut 6 hal yang mungkin menjadi tanda kesiapan kamu mempunyai anak secara emosional:

6 Tanda Kamu Sudah Siap Memiliki Momongan6 Tanda Kamu Sudah Siap Memiliki Momongan

Senang dengan anak kecil. Ketika melihat bayi atau anak kecil, secara spontan kamu langsung menghampiri dan ingin mengajaknya bermain.Wah, itu mungkin bisa jadi salah satu pertanda kamu sudah ingin dan siap memiliki momongan, tuh!

Siap waktumu terbagi. Saat kamu menjadi seorang ibu, kamu mungkin sudah tidak bisa bebas melakukan hal-hal yang biasa kamu lakukan seperti nonton film di bioskop bersama suami, tidur nyenyak di malam hari, atau kumpul bersama teman-teman setelah pulang bekerja. Apakah kamu siap mengganti waktu tersebut untuk bersama Si Kecil? Jika iya, kamu mungkin siap menjadi orang tua.

Mengesampingkan karier. Memiliki anak memang tidak membuat kamu berhenti berkarier. Tapi, pastinya bisa berdampak pada kemajuan karier kamu. Kamu sudah tidak bisa lagi lembur hingga tengah malam di kantor, karena ada makhluk kecil yang membutuhkanmu di rumah. Jadi, tanyakan pada dirimu, apakah kamu masih memiliki ambisi di dunia karier atau siap membagi konsentrasi dengan menjadi orang tua. Atau jika diperlukan, kamu siap meninggalkan posisimu hanya untuk bersama anak.

Perubahan gaya Hidup. Kamu mulai mengubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat seperti berhenti merokok, minum minuman beralkohol, atau perilaku yang kamu tahu bahwa itu bisa merusak kesehatan. Perubahan gaya hidup ini kamu lakukan semata-mata untuk melindungi Si Kecil dari paparan bahaya. Hal ini sudah kamu lakukan semenjak kamu merencanakan kehamilan, lalu berlanjut pada masa kehamilan, hingga akhirnya bayi lahir.

Kondisi rumah tangga harmonis. Kata harmonis di sini bukan berarti kamu memiliki rumah tangga yang sempurna. Harmonis adalah kamu dan suami berada dalam kondisi yang baik untuk memiliki buah hati dan kalian siap memberi kasih sayang kepadanya. Pastikan tidak ada masalah serius dalam rumah tangga seperti komunikasi dengan suami, perselingkuhan, kekerasan rumah tangga, masalah seks, keuangan, atau problematika pernikahan lainnya.

Ingat, jangan jadikan anak sebagai alat untuk memecahkan masalah. Misalnya, kamu ingin memiliki anak karena berpikir bahwa Si Kecil bisa memperbaiki masalah kamu dengan suami atau perekat kalian berdua.

Tabungan yang cukup. Kamu tidak perlu memiliki banyak mobil, rumah, atau simpanan perhiasan yang melimpah untuk mempunyai anak. Namun, setidaknya kamu memiliki tabungan atau pemasukan bulanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil yang tidak sedikit seperti susu, makanan, popok, kesehatan, atau biaya pendidikan. Kamu mungkin dikatakan siap menjadi orang tua, jika kamu mulai menyisihkan sebagian uang yang biasa kamu gunakan untuk keperluannya.

Menjadi orang tua merupakan tugas dan tanggung jawab yang berat, dan sebenarnya, jika ditanya apakah kamu siap menjadi orang tua, kamu mungkin tidak akan pernah siap. Namun, 6 hal di atas bisa menjadi faktor pemicu kamu untuk mulai mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik secara emosional.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});

Check Also

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai?

Apa Sajakah Tanda Dari Herpes Genital yang Perlu Kita Waspadai? – Salah satu penyakit infeksi menular …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *