Home / Tech / 4 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut

4 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut

Kamu termasuk wanita yang ingin melenyapkan lipatan lemak di perut? Cobalah melakukan latihan yoga untuk mengecilkan perut. Beberapa gerakan yoga dapat membantu kamu membakar lemak di perut, membuang lipatan lemak, serta menambah rasa percaya dirimu.

Yoga adalah olahraga kuno yang berasal dari India. Pada dasarnya, yoga merupakan latihan yang memusatkan perhatian pada kekuatan, kelenturan dan pernapasan. Seluruh gerakan yoga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan secara fisik dan mental. Komponen utama dari yoga adalah postur dan pernapasan. Postur yang dimaksud dalam yoga adalah serangkaian gerakan yang didesain untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan. Tidak terbatas hanya sampai di situ saja, beberapa gerakan yoga bahkan bisa membakar lemak dan menghilangkan gas yang ada di dalam perut. Sehingga, pencernaan juga bisa menjadi lebih lancar, dan lipatan perut pun menghilang.

4 gerakan yoga untuk mengecilkan perut - alodokter4 gerakan yoga untuk mengecilkan perut - alodokter

Misalnya saja, salah satu gerakan duduk (baik dalam posisi bersila atau meluruskan) lalu memalingkan badan ke kanan dan/atau ke kiri. Gerakan ini bisa membantu kamu dalam mengatasi perut kembung dan mengusir gas berlebih yang ada di dalam perutmu. Beberapa gerakan yoga lainnya juga dapat memperlancar aliran oksigen dan darah ke organ pencernaanmu.Penasaran dengan ragam gerakan yoga untuk mengecilkan perut? Simak baik-baik beberapa gerakan di bawah ini.

  • Tadasana dan Urdhva hastasana

    Tadasana merupakan gerakan dasar yang bisa menjadi salah satu postur yoga untuk mengecilkan perut. Cara melakukan gerakan ini sangat mudah.  Berdiri di atas matras yoga yang sudah kamu persiapkan sebelumnya, dengan tangan lurus ke bawah di samping kiri dan kanan tubuh. Perlahan dan sambil mengambil napas, angkat kedua tangan ke arah samping hingga kedua tangan dalam posisi lurus dan menyatu di atas kepala. Tahan dalam posisi itu beberapa lama, lalu turunkan kedua tangan ke posisi semula sambil membuang napas.

    Lalu, kamu bisa lanjut ke gerakan selanjutnya yaitu Urdhva hastasana. Caranya, rentangkan tanganmu di atas kepala, dengan ujung kedua jari tengah saling bertemu membentuk seperti segitiga. Kemudian, condongkan tubuhmu ke arah kiri dan tahan setidaknya lima detik. Lalu lakukan hal yang sama ke arah kanan. Pastikan kakimu tetap menempel rata di lantai.
  • Uttanpadasana

    Gerakan yoga untuk mengecilkan perut yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan.  Rebahkan tubuhmu di matras, kemudian angkat perlahan kakimu ke atas. Lurus ke atas, seakan-akan menempel pada tembok. Kemudian, tahan posisi tersebut selama beberapa detik. Posisi ini tidak hanya dipercaya bisa membantu dalam membakar lemak bagian perut, tapi juga bisa membantu kamu mengatasi masalah pada kesehatan perut.
  • Apanasana

    Gerakan yoga ini juga dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah perut. Misalnya sakit perut karena gas berlebih atau perut kembung. Caranya adalah dengan merebahkan tubuhmu di matras, ambil napas perlahan sembari meletakkan kedua tangan pada paha. Kemudian, perlahan menarik lutut ke arah dada, dengan posisi tangan seperti memeluk kedua lutut. Angkat sedikit bagian atas tubuhmu, tahan pada posisi itu sekitar 5-10 detik, lalu lepaskan.
  • Paschimottanasana

    Gerakan selanjutnya mungkin akan sedikit membutuhkan usaha, tapi kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mencapai sikap sempurna dari gerakan yoga yang satu ini. Caranya, duduk dengan kaki lurus ke depan. Kemudian, perlahan turunkan kepala Anda ke arah lutut. Posisikan telapak tanganmu di samping kedua telapak kakimu. Gerakan ini bukan hanya dipercaya dapat memengaruhi kelancaran pencernaan, tapi juga bisa membantumu meredakan stres.

Tidak hanya terbatas beberapa gerakan di atas, masih ada beberapa gerakan yoga untuk mengecilkan perut lainnya yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Tapi, agar latihan yoga bisa lebih bersemangat, tentu tidak ada salahnya untuk mengikuti kelas yoga bersama teman-temanmu. Pikiran dapat menjadi lebih tenang, lipatan lemak di perut pun menghilang.

googletag.cmd.push(function(){googletag.display(“div-gpt-ad-1450067495602-0”);});
gerakan yoga untuk mengecilkan perut (1)

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *