Home / Tech / 12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling Bagus

12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling Bagus

12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling Bagus, Tempat Wisata Terindah – Apa yang anda ingat ketika disebut nama Kabupaten Temanggung ? Ya, Temanggung banyak dikenal masyarakat luas sebagai kabupate penghasil tembakau nomor satu di Indonesia. Tembakau dari Temanggung dikenal bercita rasa tinggi. Salah satu jenis tembakau yang banyak dicari adalah “tembakau srinthil”. Tembakau ini banyak dipakai oleh beberapa perusahaan rokok terkenal di Indonesia.

Kabupaten Temanggung merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki kondisi geografis yang sangat unik. Kabupaten Temanggung terletak diantara dua Gunung yaitu gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Kondisi ini menyebabkan Kabupaten Temanggung menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Lokasi Kabupaten Temanggung sendiri berada di sebelah selatan Kabupaten Kendal, sebelah Utara Kabupaten Magelang, Sebelah Barat Kabupaten Semarang serta sebelah timur Kabupaten Wonosobo. Ada banyak tempat wisata di Kabupaten Temanggung terutama wisata alam. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling Bagus versi kami http://tempatwisatadaerah.blogspot.com :

1. Dataran Tinggi Posong

Tempat wisata alam di Temanggung pertama yang harus anda kunjungi adalah Dataran Tinggi Posong. Tempat wisata posong di temanggung merupakan daerah dengan ketinggian 2000 mdpl dimana dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa. Keindahan pemandangan di Posong ini bahkan ada yang menyamakannnya dengan keindahan alam di Dieng Plateau Wonosobo. Dari Dataran Tinggi Posong ini anda dapat melihat sunrise yang menawan serta pemandangan 7 puncak gunung di sekitar Temanggung yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan juga Gunung Muria. Jika anda berminat anda dapat meyewa homestay yang terdapat di Dataran Tinggi Posong. Untuk menyewanya anda dapat menghubungu Jogorekso Community atau pengelola wisata yang dikelola oleh pemuda di sekitar Dataran Tinggi Posong yang beralamat di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

2. Kledung Pass

Kledung merupakan nama Kecamatan yang terletak diantara Gunung Sindoro dan Sumbing. Di Kecamatan ini terdapat jalur yang menghubungkan Kabupaten Temanggung dengan Kabupaten Wonosobo. Di jalur ini terdapat tempat yang sangat menarik yaitu Kledung Pass dimana di tempat ini terdapat tempat terbuka dengan background pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Di sekitar Kledung pass terdapat pemandangan hijau dari pepohonan dan juga tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar, misalnya tembakau, dan aneka macam sayuran. Jika anda sedang melintas di jalur Temanggung wonosobo ini maka anda dapat mampir sekedar istirahat dan berfoto ria di tempat wisata alam Temanggung ini.

3. Embung Kledung

Masih berbicara tentang tempat wisata di Kecamatan Kledung Jawa Tengah, kali ini akan kami sampaikan tentang wisata yang bernama Embung Kledung. Embung merupakan sebuah danau buatan yang bentuknya tidak terlalu besar. Embung biasanya digunakan untuk menampung air hujan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tujuan irigasi. Embung di Kledung sebenarnya hampir sama dengan embung dari daerah lain, namun pada saat cuaca cerah anda dapat melihat embung dengan latar belakan Gunung Sindoro yang indah. Oleh karena itu banyak warga yang menyempatkan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam di Obyek wisata Temanggung Embung Kledung ini.

4. Hutan Pinus dan Umbul Jumprit

Destinasi wisata Temanggung Umbul Jumprit merupakan sebuah wisata alam di Kabupaten Temanggung yang semakin lama semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di tepat ini terdapat sebuah umbul yang memiliki mata air yang alami. Setiap ada perayaan Trisuci Waisak di Candi Borobudur oleh umat agama Budha, air keberkahan selalu diambil dari Umbul Jumprit ini. Banyak yang memandang tempat ini sebagai sebuah tempat keramat. Hal itu tak lepas dari sejarah umbul Jumprit sendiri yang tak bisa dilepaskan dari sejarah Kerajaan Majapahit. Konon, tempat Umbul Jumprit ini dahulu sebagai tempat mengasingkan diri Pangeran Singonegoro beserta pengikutnya yang seorang Pangeran Majapahit karena tidak mau mengikuti kepemimpinan yang baru yang dipegang oleh Raden Patah di Demak Bintoro. Disekitar umbul juga terdapat sebuah hutan pinus yang sangat indah. Anda dapat berfoto ria di tempat ini dengan pemandangan yang sangat memukau. Oh ya, alamat Curug Jumprit sendiri ada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung.

5. Curug Surodipo

Jika anda menginginkan sebuah curug yang masih asri dan masih terjaga keasliannya maka anda dapat mengunjungi Curug Surodipo di Temanggung Jawa Tengah. Tempat wisata Curug di Temanggung ini juga dikenal sebagai Curug Trocoh, alamatnya ada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dengan pemandangan di sekitar masih hijau dan indah. Nama Surodipo itu diambil dari nama salah satu pasukan Pangeran Diponegoro, yang waktu itu membangun benteng pertahanan di Desa Tawangsari ketika Perang Jawa berlangsung. Namun sayangnya akses jalan menuju tempat wisata ini masih belum bagus. Semoga dari pihak terkait dapat memperbaiki jalan menuju lokasi Curug Surodipo serta mengembangkannya menjadi tempat wsiata yang potensial di Kabupaten Temanggung.

6. Curug Onje

Tempat wisata Curug di Temanggung yang juga sudah banyak dikenal adalah Curug Onje. Curug ini memiliki keistimewaan berupa adanya 7 air terjun yang berjejeran. Air yang mengalir juga sangat jernih sehingga aman jika digunakan untuk berbasah basahan. Dengan adanya jejeran air terjun ini menimbulkan pemandangan yang sangat indah di Curug Onje ini sehingga curug ini menjadi wisata populer di Temanggung. Untuk pergi ke Curug Onje ini anda dapat datang ke Desa Duren kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung.

7. Pikatan WaterPark Temanggung

Selain terdpat wisata alam, di Kabupaten Temanggung juga sudah terdapat wisata keluarga berupa waterboom yaitu Pikatan WaterPark. Tempat wisata keluarga di Temanggung Pikatan WaterPark Temanggung berlokasi di Desa Mudal Kecamatan Temanggung. Dari lokasi ini anda dapat melihat pemandangan yang hijau dari Gunung Sindoro dan Sumbing. Luas dari Pikatan WaterPark Temanggung ini adalah 1,5 ha yang menawarkan kesejukan kolam renang dan juga berbagai macam permainan air dan permainan lainnya. Beberapa wahana yang terdapat di Pikatan WaterPark Temanggung adalah 11 water slide, 5 kolam renang, flying fox, jembatan goyang, dan ember tumpah. Jika ada waktu luang jangan lupa untuk menyempatkan berkunjung ke Pikatan WaterPark bersama keluarga anda tercinta.

8. Candi Pringapus

Kabupaten Temanggung ternyata juga menyimpan peninggalan bersejarah berupa candi yaitu Candi Pringapus. Candi Pringapus terdapat di Desa Pringapus, Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Menurut para ahli arkeologi, Candi Pringapus termasuk dalam candi peninggalan Agama Hindu yang diperuntukkan sebagai sarana pemujaan Dewa Siwa. Berdasarkan prasasti yang ditemukan disekitar candi, Candi Pringapus dibangun pada yahun 850 M dan kemudian direstorasi pada tahun 1932. Pada hari libur banyak pngunjung yang berkunjung ke candi ini. Tidak hanya wisatawan lokal, kadang ada juga turis mancanegara yang menyempatkan untuk melihat Candi Pringapus ini.

9. Monumen Meteorit

Wisata Temangung ini mungkin bisa jadi merupakan tempat wisata yang unik di Temanggung karena belum tentu ada di daerah lain. Wisata yang kami maksud adalah Monumen Meteorit. Monumen Meteorit dibangun untuk mengingat adanya peristiwa alam jatuhnya meteor di Desa Wonotirto yaitu pada Hari Jumat tanggal 11 Mei 2001 sekitar pukul 09.00. Benda langit yang jatuh ini berukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa berjumlah 2 buah Utuk keperluan penelitian kemudian meteor ini disimpan di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta. Namun pada tahun 2010 batu meteor itu dikembalikan kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung dan disimpan di Kantor Bupati Temanggung. Saat ini monumen ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena ingin menyaksikan daerah yang dulunya pernah terdapat meteor jatuh.

10. Embung Tlogopucang

Selain Embung Kledung, di Kabupaten Temanggung terdapat embung lain yang juga memiliki pemandangan yang indah yaitu Embung Tlogopucang. Sesuai namanya, Embung Tlogopucang berada di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Teangung. Embung ini berada di kawasan perbukitan dan memiliki pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang Gunung Sindoro, Sumbing dan Gunung Prau. Sama dengan Embung pada umumnya, Embung ini berguna untuk menampung air limpasan dari air hujan sehingga agar tidak terjadi erosi, juga air yang tertampung dapat digunakan sebagai sarana irigasi tanaman klengkeng disekitarnya. Seiring berjalannya waktu karena pemandangannya yang indah, Embung Tlogopucang berubah menjadi tempat rekreasi di temanggung jawa tengah.

11. Curug Lawe

Kondisi Kabupaten Temanggung yang banyak berbukit-bukit maka menyebabkan banyaknya air terjun atau curug di wilayah ini. Selain Curug Surodipo, di Kabupaten Temanggung juga terdapat curug lain yang bernama Curug Lawe. Curug ini terdapat di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung. Kata Lawe dalam bahasa jawa artinya untaian benang berwarna putih. Dinamakan demikian karena air yang mengalir di Curug Lawe ini seperti untaian benang putih yang sangat indah. Maka tak heran apabila Curug Onje ini banak dikunjungi masyarakat dan menjadi tempat wisata daerah temanggung jawa tengah.

12. Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing

Seperti kami sampaikan diatasa baha Kabupaten Temanggung terdapat diantara dua Gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Sehingga apabila kita bicara tentang wisata Temanggung maka tidak akan dapat dilepaskan dari kedua gunung tersebut. Gunung Sindoro da Gunung Sumbing memiliki pemandangan yang indah baik dilihat scara langsung dari puncak maupun dari kejauhan. Lebih indah lagi apabila anda melihatnya dari kedua puncak gunung tadi karena selain kedua gunung tadi anda dapat melihat puncak gunung lain seperti Gunung Prau, Gunung Ungaran, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dll. Untuk mendaki Gunung Sindoro dapat dilakukan dengan mengambil jalur Kledung. Sedangkan untuk mendaki GUnung Sumbing dapat dimulai dari Base Camp Cepit yang terletak di desa Pager Gunung, kec. Bulu, wilayah Temanggung, Jawa Tengah.

Demikian tadi informasi tentang 12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling Bagus. Selain dari 12 tempat wisata diatas, sebenarnya masih banyak tempat wisata menarik di temanggung yang masih dapat dieksplore. Apa yang kami tulis diatas hanyalah sebagian saja yang kami ketahui.

tempat rekreasi belakang herpes (1)

Check Also

Kocak, saat Jokowi Ditanya Netizen Soal Hokage Ke-8 ‘Naruto’

JAKARTA – Akun Youtube Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunggah video yang menjawab pertanyaan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *