Bashscript
Bashscript
Posted By doko

#1 Ansible, Membuat daftar Hosts Inventory


Pada artikel sebelumnya tentang yuk kenalan dengan ansible saya sudah menjelaskan sedikit gambaran apa itu ansible dan apa saja kelebihan ansible dibanding dengan automation yang lain. Di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana penulisan hosts inventory pada ansible.

Untuk tutorial ansible memang sengaja saya tulis menjadi beberapa part, karena memang panjang untuk di jelaskan. Jadi saya berharap untuk kalian bersabar untuk mengikuti update artikel berikutnya.

Apa itu Hosts inventory

Hosts inventory adalah file yang berisi daftar informasi maupun variable yang dibutuhkan saat provisioning server. Secara default file ini terdapat di /etc/ansible/hosts

dan berikut adalah beberapa contoh penulisannya :

Basic

[web]            ## group host
192.168.0.2
192.168.0.3


[mysql]          ## group host
192.168.0.4


[all:vars]       ## variable host
ansible_ssh_user=root
ansible_ssh_pass=password

inventory with hostname

web1 ansible_ssh_host=192.168.0.2
web2 ansible_ssh_host=192.168.0.3
mysql1 ansible_ssh_host=192.168.0.4

[web]           ## group host
web1
web2

[mysql]         ## group host
mysql1

[all:vars]      ## variable host
ansible_ssh_user=root
ansible_ssh_password=password

Apabila akses ke server  target kalian sudah menggunakan public key, kalian tidak perlu menambahkan credential password pada inventory.

berikut adalah penjelasan tentang host ansible, sebenarnya sangat komplek jika dijabarkan, tapi menurut pengalaman saya dengan pengetahuan dasar seperti itu sudah cukup untuk digunakan untuk kebutuhan dalam provisioning sehari-hari sudah cukup. Tapi jika kalian ingin mendalami kalian bisa baca detail penjelasannya di halaman berikut ansible inventory

Jika ada saran dan kritik, ataupun ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.


Doko - adalah orang biasa yang belajar dan bekerja sebagai System Administrator. belajar menjadi penulis blog dan mempunyai hobby bermain beberapa game pc dan mobile.

View Comments
There are currently no comments.